Senin, 06 Juni 2011

TIPS MENGENALI "MUKA INDONESIA BANGET"

Jadi mahasiswa di luar negeri itu nggak mudah Bung!
Dan sejauh ini yang menurut saya paling susah adalah tidak adanya lawan bicara yang bisa berbahasa Indonesia di kampus. Agar rasa kesepian ini terobati, kita harus mencari kenalan orang Indonesia, dan menurut saya itu nggak gampang. Karena itu saya telah menyusun cara mencari dan berkenalan yang (tidak) baik dan benar. Inilah beberapa tips yang baru saja saya coba:

1. Perhatikan muka setiap orang di lingkungan kampus
Untuk menjalankan tips ini, kita nggak boleh pilih-pilih target, pandangi semua muka orang-orang di lingkungan kampus. Kalau ada yang keliahatan "muka Indonesia banget", hampiri dan tanya apakah dia orang Indonesia? Jika ternyata dia bukan orang Indonesia, ajaklah ngobrol biar mengurangi rasa malu.
Bingung atau lupa muka orang Indonesia kaya gimana? Tenang!
Kita bisa cek di Google, ini dia contohnya:

2. Cari perhatian target kita
Jika kita sudah menemukan target yang menurut kita "muka Indonesia banget" tapi masih belum yakin untuk ngajak kenalan karena takut salah, saran saya adalah: pancing dia untuk perhatiin kita. Salah satu caranya adalah dengan (pura-pura) nelepon sambil ngomong Bahasa Indonesia dengan volume suara yang keras dan pengucapan yang jelas.
Pengalaman yang saya alami adalah saya lagi duduk di cafetaria kampus dan ada orang yang "muka Indonesia banget", akhirnya saya SMS pacar untuk telepon saya. Niatnya mau cari perhatian target kenalan. Sayang dia keburu pergi.

3. Nguping
Ini penting sekali! Dengarkan pembicaraan target jika dia sedang teleponan atau sedang berbincang. Kalau dia ngomong dalam Bahasa Indonesia, langsung ajak kenalan!

4. Berdoa
Mau sekeras apapun kita berusaha, rasanya ada yang kurang kalau kita nggak berdoa. Jangan lupa berdoa ke Tuhan minta temen yang banyak. :D

Sementara inilah yang baru bisa saya bagi. Semoga berguna!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar